6 Cara Membersihkan RAM Pada Laptop - Hydra Teknologi

Breaking

Hydra Teknologi

Blog ini adalah tentang teknologi, games, hardware, software, dan aplikasi. Berbicara teknologi, disini lah tempatnya yang pas untuk kamu memulai belajar teknologi modern

Click ads

Wednesday, March 25, 2020

6 Cara Membersihkan RAM Pada Laptop


Apakah Anda pernah merasakan lambatnya kinerja laptop saat digunakan? Bisa jadi, itu disebabkan oleh RAM laptop yang semakin penuh pemakaiannya. Perlu Anda ketahui bahwa penggunaan laptop yang sering dilakukan akan berdampak pada kinerja laptop Anda. Ada beberapa cara yang sangat mudah dilakukan agar RAM laptop dapat dibersihkan dan dapat mempercepat kinerja laptop. Nah dalam artikel kali ini saya sudah merangkum 6 Cara Membersihkan RAM Pada Laptop.


1. Restart Laptop

Cara yang sangat mudah pertama adalah dengan merestart laptop. Dengan melakukan ini maka, memory yang terdapat pada program berjalan akan diatur ulang kembali. Walaupun hal ini tidak meningkatkan kualitas RAM tetapi, proses ini dapat membersihkan aplikasi yang sedang berjalan dan aplikasi yang banyak memakan memory.



2.  Gunakan Aplikasi RAM Cleaner

Anda bisa menggunakan aplikasi ini khusus untuk membersihkan data-data yang menumpuk pada RAM. Cara kerjanya aplikasi ini adalah mematikan aplikasi-aplikasi yang jarang digunakan pada sistem komputer. Anda bisa download aplikasi ini di tempat yang terpercaya.


3. Gunakan Task Manager

Cara selanjutnya yang Anda bisa lakukan adalah dengan mematikan program yang sedang berjalan menggunakan task manager. Di dalam task manager Anda bisa melihat aplikasi apa saja yang memakan banyak RAM di laptop. Untuk bisa masuk kedalam task manager, Anda harus menggunakan shortcut  keyboard. Caranya adalah dengan menekan tombol "CTRL + Shift + Esc" secara bersamaan. 

Setelah pop up task manager sudah terbuka, maka selanjutnya adalah masuk ke bagian “More Detail”. Lalu, klik juga pada tab “Processes” dan “Memory” untuk lebih mengetahui apa saja program atau aplikasi yang sering menghabiskan beberapa memori RAM. Untuk bisa menutup aplikasi yang berjalan, masuk ke tab Processes lalu klik aplikasi mana yang akan Anda tutup. Klik kanan pada aplikasi tersebut lalu pilih “End task”. Maka secara otomatis, aplikasi akan tertutup.


4. Scanning Virus

Perlu Anda ketahui, virus juga dapat membuat kapasitas RAM Anda semakin menipis. Untuk itu, Anda bisa manfaatkan software virus yang ada di laptop Anda. Caranya pun cukup mudah. Siapkan dulu anti virus yang sudah terinstal pada laptop. setelah itu, lakukanlah scanning secara menyeluruh agar virus dapat diketahui secara cepat. setelah virusnya sudah terdeteksi dan dihapus dari laptop, langkah selanjutnya adalah lakukan restart laptop dan lihatlah hasilnya.


5. Menahan Aplikasi Berjalan Otomatis

Apabila Anda merasa masih sayang dalam menghapus aplikasi yang ada tapi tidak ingin aplikasi tersebut aktif secara otomatis, maka pilihan ini bisa Anda coba. Pertama masuklah terlebih dahulu pada bagian Task Manager. Setelah itu masuk ke bagian “Startup”. Di sana Anda akan melihat berbagai macam aplikasi yang berjalan otomatis saat laptop sedang dihidupkan. Berikutnya adalah matikan aplikasi-aplikasi yang menurut Anda tidak dibutuhkan dengan cara klik kanan aplikasi tersebut dan klik “disable”.


6. Uninstall Program

Cara diatas hanyalah menahan aplikasi yang tidak dibutuhkan. Nah, jika sekarang Anda menginginkan aplikasi tersebut benar-benar tidak ingin ada lagi, maka sebaiknya Anda uninstal program tersebut. Namun, perlu Anda ketahui baik-baik apakah program tersebut benar-benar dibutuhkan atau tidak. 

Untuk melakukan uninstall, Anda bisa pergi ke bagian “Setting” lalu pilih “Control Panel” setelah itu pilih "Programs" dan klik "Programs And Features". Di sana, Anda baru bisa pilih aplikasi yang sekiranya tidak Anda butuhkan dan klik uninstall. Tunggu hingga proses selesai dan Anda baru saja berhasil menghapus aplikasi yang tidak diinginkan.


Itulah 6 Cara Membersihkan RAM Pada Laptop yang sangat umum digunakan. Selamat mencoba teman!

No comments:

Post a Comment