Jenis - Jenis Memory Pada Komputer - Hydra Teknologi

Breaking

Hydra Teknologi

Blog ini adalah tentang teknologi, games, hardware, software, dan aplikasi. Berbicara teknologi, disini lah tempatnya yang pas untuk kamu memulai belajar teknologi modern

Click ads

Tuesday, March 10, 2020

Jenis - Jenis Memory Pada Komputer

Kalian pasti tahu apa itu memory, nah dalam artikel ini saya ingin memberikan pengetahuan saya kepada kalian tentang Jenis-jenis Memory Pada Komputer. Selamat belajar teman!



Memory adalah salah satu perangkat keras komputer yang digunakan untuk menyimpan data baik untuk permanen atau sementara.

Memory komputer terdiri atas 3 level, yaitu:

  • Physical Register CPU, berada di level teratas. Informasi yang berada di register dapat diakses dalam satu clock cycle CPU.
  • Primary Memory, berada di level tengah. Primary Memory di ukur dengan satu byte dalam satu waktu, dan bersifat sementara, tetapi akan hilang datanya jika komputer dimatikan. CPU mengakses memory ini dengan instruksi single load dan store dalam beberapa clock cycle.
  • Secondary Memory, berada di level bawah. Secondary Memory di ukur sebagai kumpulan dari bytes, waktu aksesnya lambat, dan bersifat tetap walaupun komputer dimatikan data tidak akan hilang. Memory ini diterapkan di storage device.

1. Memory Internal
Memory ini dapat diakses secara langsung oleh processor. Memory internal berfungsi sebagai pengingat data, karena selama komputer berjalan memory ini tetap mengingatnya. Memory internal dibagi menjadi 2 macam yaitu, RAM dan ROM. Selain itu, ada lagi memory yang disebut DRAM, SDRAM, DIMM dan, Cache Memory.


RAM (Random Access Memory)


RAM adalah jenis memory yang hanya menyimpan data sementara ketika komputer hidup, karena itu RAM bersifat sementara. RAM juga sangat cepat processingnya dalam tahap mengambil data dan menyimpan data.


ROM (Read Only Memory)


ROM adalah jenis memory permanen walaupun komputer dimatikan data-data akan tetap ada, karena itu ROM bersifat tetap. Selain itu, ROM hanyalah penyimpanan permanen tetapi juga ROM bekerja sebagai memory pembaca. ROM di dalam komputer biasa disebut sebagai ROM BIOS (Basic Input/Output System). 

DRAM (Dynamic RAM)



DRAM adalah jenis memory yang sama seperti RAM kerjanya, hanya saja DRAM bersifat dinamis yang menyimpan setiap bit data yang terpisah dari kapasitor dalam sirkuit terpadu.


SDRAM (Synchronous Dynamic RAM)
SDRAM adalah jenis memory RAM yang merupakan kelanjutan dengan DRAM tetapi telah disinkronisasi oleh clock sistem dan memiliki kecepatan yang lebih tinggi dari DRAM.


DIMM (Dual In-Line Memory Module)


DIMM adalah jenis memory RAM yang dipasang pada papan sirkuit kecil. DIMM berkapasitas 168 pin, biasanya digunakan di server dan melakukan kontak fisik dengan BUS data komputer melalui gigi seperti konektor yang masuk pada socket motherboard.


Cache Memory


Cache Memory adalah jenis memory yang berukuran kecil dan bersifat sementara, sama halnya dengan RAM walaupun memory ini hanyalah menyimpan file berukuran kecil yang telah di buka oleh komputer memory ini memiliki kecepatan sangat tinggi dalam teknologi hardware. Biasanya ditunjukkan untuk meminimalisir terjadinya bottleneck dalam aliran data processor dari RAM.



2. Memory Eksternal
Memory ini merupakan memory tambahan yang berfungsi untuk menyimpan data atau program. Konsep dasar memory eksternal adalah menyimpan data bersifat tetap walaupun komputer dalam keadaan mati atau hidup data tidak akan hilang. Memory Eksternal dibagi menjadi 2 tujuan yaitu, memory murah berkapasitas tinggi yang digunakan dalam jangka panjang dan sebagai penyimpanan permanen untuk membantu fungsi RAM.


Itulah Jenis-jenis Memory Komputer yang sangat umum diketahui. Meskipun hanya segitu setidaknya kita tahu dan mempelajari apa itu memory komputer. Selamat belajar teman!

No comments:

Post a Comment